Visa Amerika

Visa Amerika

Hi guys! di page ini, saya akan memberikan pengalaman saya dalam pembuatan Visa Amerika saya, dan ternyata pembuatan Visa Amerika tidak seribet yang dikatakan orang-orang pada umumnya. Namun, memang agak sedikit berbeda pengajuannya dibandingkan dengan visa lainnya. Berhubung ini visa tourist, jenisnya B, biaya nya $160, kurs rupiahnya tergantung di bank nantinya.
IMG_5092
Yang Penting dokumen itu dibawa selengkap-lengkapnya, karena kalau pas diminta dokumennya, Anda gagal untuk memperlihatkannya kepada mereka, maka Anda mungkin saja akan ditolak, atau mungkin disuruh datang lagi. Anda pasti tidak mau kan datang pagi-pagi lagi, terus ngantri lagi, right? So please follow the instructions below, melakukan perbandingan dengan pengalaman blogger lainnya, beserta cek di website resmi visa Amerika, klik SINI untuk ditransfer ke informasi web visa.

Pertama-tama, siapkan dulu dokumen-dokumen di bawah ini:
1. PASPOR LAMA & PASPOR BARU
2. KTP
3. AKTE LAHIR, KARTU KELUARGA
4. AKTE NIKAH / AKTE CERAI BILA ADA
5. IJAZAH TERAKHIR (SIAPKAN DATA TAHUN MASUK&LULUS SMP/SMA)
6. SIUP (WIRASWASTA), SURAT TANDA PEGAWAI (KARYAWAN) >> Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan apa tujuan anda ke AS.
7. REKENING KORAN 3 BULAN TERAKHIR & SURAT REFERENSI BANK
8. 1 LEMBAR PASFOTO 5×5 dan juga BENTUK PDF UNTUK UPLOAD
9. BUKTI BAYAR VISA
10. INFORMASI ORANGTUA, PASANGAN (TANGGAL LAHIR DAN ALAMAT)
11. RENCANA PERJALANAN (Klik Itinerary Anda, lampirkan booking hotel dan tiket pesawat yang berlaku, tidak perlu bayar dahulu)
12. FORM Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160) YANG NANTI DIISI SETELAH PEMBAYARAN DI BANK
13. FORM KONFIRMASI JADWAL INTERVIEW

untuk pengisian aplikasi DS-160 secara online butuh data NO.1-NO.11 untuk bisa melengkapi pertanyaan yang ditujukan, sehingga saya sarankan dokumennya disiapkan saat melakukkan peng-inputan. Untuk interview, mohon disiapkan semua data (NO.11-NO.13).
Okay, jadi bedanya visa amerika dengan yang lain itu, kita harus melakukan pembayaran biaya visa ‘yang tidak akan dikembalikan’ baik diterima ataupun ditolak dahulu. Baru setelah kita melakukan pembayaran, kita baru bisa melanjutkan ke proses kelengkapan informasi/identitas kita secara online dan juga penjadwalan interview. Supaya tidak missed, informasi di bawah adalah info yang saya copy-paste dari website resmi, dengan tambahan yang tidak diberikan oleh kedubes. FYI: Ini khusus pengajuan untuk holiday yah guys!

Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan Visa Non-Imigran

Harap mengikuti lima langkah berikut mengenai pengajuan visa. Harap baca juga Saran tambahan mengenai pengajuan visa.
1.Membayar biaya pengajuan visa non-imigran
2.Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160)
3.Membuat jadwal wawancara secara online
4.Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara
5.Kehadiran secara pribadi di Kedubes AS dengan membawa halaman konfirmasi DS-160, 6.halaman konfirmasi jadwal wawancara, satu foto terbaru (dibuat tidak lebih dari 6 7.bulan terakhir) , paspor yang berlaku dan semua paspor lama, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan sesuai dengan kategori visa yang anda ajukan.
Catatan: Warga negara tertentu mungkin memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa visa. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: Program Tanpa Wawancara.

1. Membayar biaya visa non-imigran YANG TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN
Perubahan proses pembayaran di bank: Mulai 01 September 2012, diperlukan membawa bukti deposit tercetak ke bank untuk pembayaran. Bank tidak akan memproses biaya visa anda tanpa bukti deposit yg benar. Informasi mengenai bukti deposit dapat di lihat di pilihan Bank dan Pembayaran.

Membayar biaya visa non-imigran di Bank Standard Chartered atau Bank Permata. Pembayaran dilakukan maksimum dua belas bulan sebelum jadwal wawancara anda. Untuk mengetahui informasi mengenai biaya-biaya visa yang terbaru harap lihat di: http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-visafeeinfo.asp
003. Tanda Bukti Pembayaran Visa
INGAT! TIDAK BOLEH DIBUANG YAH. Pas penginputan DS-160, kamu butuh nomor buktinya. Persis seperti yang dilingkar di foto ini.
Klik disini mengenai prosedur cara-cara melakukan pembayaran visa dalam Bahasa Inggris atau Indonesia.
Membayar biaya visa perorangan. Jangan menggabungkan pembayaran untuk keluarga atau kelompok dalam satu bukti pembayaran.
Jangan membayar biaya tambahan lainnya di Bank Standard Chartered atau Bank Permata.
Jangan melakukan pembayaran di bank lain.
Pemegang paspor Diplomatik yang akan mengajukan permohonan visa jenis apapun, dan pemohon visa jenis A, G, C-3, NATO dan J (hanya untuk kantor-kantor yang resmi berpartisipasi pada program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS), tidak harus membayar.

2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160)
Di bawah ini adalah form DS-160 yang akan Anda dapatkan bila peng-inputan sukses, ini yang harus di-print di kertas A4 WARNA dan dibawa saat interview.
form
Nah, kalau sudah bayar, form jangan dibuang ya. Ada yang harus di-input, nomor bukti pembayaran. Sekarang kita masuk ke ke web, klik sini untuk pengisian aplikasi online.
ds160
Ubah negara menjadi Indonesia, lalu start application. Mengisi secara online Aplikasi Visa Elektronik (DS-160) dan mencetak lembar halaman konfirmasi yang dibawa pada saat anda wawancara. Halaman konfirmasi DS-160 harus dicetak di kertas ukuran surat atau A4 dengan format portrait di mesin pencetak yang memiliki resolusi tinggi, dengan demikian staf Kedutaan dapat memanggil (scan) barcode pada jadwal wawancara anda.

Selama pengisian aplikasi DS-160 secara online, harap selalu menyimpan data (save) ke dalam komputer anda. Isi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan benar, termasuk dalam memilih jenis visa non-imigran yang sesuai. Aplikasi DS-160 anda akan diperiksa oleh staf Kedutaan pada waktu anda datang untuk wawancara. Apabila aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam pengisiannya ada kesalahan informasi lebih dari dua kesalahan, maka jadwal wawancara anda akan ditunda. Anda tidak dapat memperbaiki atau mengisi informasi tambahan pada aplikasi DS-160 di Kedubes AS. Ikuti saran-saran berikut untuk menghindari kesalahan penulisan yang sering terjadi:

Pada penulisan nomor paspor, JANGAN memberi spasi atau jarak antara huruf dengan angka. Nomor paspor harus ditulis seperti R000000, JANGAN R 000000 (perhatikan kesalahan jarak pada huruf).
Gunakan menu dropdown untuk penulisan kota dimana paspor anda diterbitkan secara lengkap/benar, seperti yang tertulis di dalam paspor, contoh: Jakarta Pusat atau Soekarno Hatta, BUKAN Jakarta.
Pilih jenis visa yang sesuai/benar, contoh: apabila anda ingin mengajukan visa pelajar, maka anda harus memilih F1. Lihat di halaman jenis visa non-imigran.
Anda harus menulis apabila sebelumnya anda pernah ditolak untuk mendapatkan visa.
Semua pemohon visa harus mengisi secara lengkap informasi mengenai pendidikan dan pengalaman pekerjaan sebelumnya di bagian aplikasi DS-160.
Diwajibkan untuk semua pemohon visa jika bekerja untuk mengisi penghasilan bulanan dalam mata uang lokal.

3. Mengatur jadwal wawancara
Jika Anda memperbarui visa Anda, Anda mungkin memenuhi syarat untuk program tanpa wawancara dan tidak perlu hadir langsung untuk wawancara. silahkan baca tentang Program Tanpa Wawancara untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat. Waktu wawancara tersedia setiap hari kerja pada jam 07.00 dan 09:00 kecuali untuk beberapa hari libur nasional Amerika dan Indonesia.
Login ke sistem jadwal wawancara online kami di http://www.ustraveldocs.com/id/ untuk mengatur jadwal wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment” dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.
Appointment confirmation
Ini adalah contoh konfirmasi appoinment, INGAT PRINT A4 dan dibawa saat interview. Membuat jadwal wawancara untuk setiap pemohon visa, termasuk anak anak.
Pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas, tidak perlu datang untuk wawancara. Keluarga langsung (orang tua, suami/istri, atau anak) dapat mewakili penyerahan aplikasi dan paspor. Orang lain yang tidak memohon dan tidak mewakili keluarga langsung akan ditolak masuk dengan alasan keterbatasan ruang dan keamanan.
Ajukan permohonan visa anda lebih awal. Kami berusaha untuk mempersingkat waktu tunggu wawancara, tetapi terkadang lebih lama apabila musim liburan. Kami menyarankan pemohon mengajukan setidaknya 30 hari sebelum jadwal keberangkatan ke Amerika, sehinggga pemohon dapat menerima visa mereka dengan baik sebelum rencana perjalanan ke Amerika.
Cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa pada saat wawancara.

4. Siapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa pada saat wawancara
Setiap pemohon visa non-imigran harus membawa dokumen-dokumen berikut:
1. Halaman konfirmasi jadwal wawancara
2. Paspor dengan masa berlaku 6 bulan, di luar pada saat masuk ke Amerika.
3. Tanda bukti pembayaran dari Bank Standard Chartered atau Bank Permata untuk setiap pemohon visa.
4. Halaman konfirmasi DS-160 dicetak pada kertas ukuran surat atau A4 dalam format portrait.
Satu lembar foto terbaru,menghadap depan ukuran 5cm x 5cm, berwarna dengan latar belakang warna putih yang di buat tidak lebih dari 6 bulan terakhir. Lihat Foto Untuk Visa.
Untuk pelajar atau pertukaran kunjungan (visa jenis F, M, J):
Formulir asli I-20, I-20M atau DS-2019
Bukti pembayaran SEVIS, dibayar di Student and Exchange Visitor Program: biaya SEVIS I-901.
Bukti kepemilikan dana untuk membiayai pendidikan, paling sedikit satu tahun pertama biaya pendidikan, dan biaya hidup.
Untuk visa pekerja sementara atau perpindahan (visa jenis H, L, O, P , Q):
Dokumen “Notice of Action” (I-797).
Apabila anda sebelumnya pernah tinggal di AS: perlihatkan dokumen yang dapat membuktikan status keimigrasian atau status visa anda, dokumen resmi dari Departemen Homeland Security (DHS).
Catatan kriminal/pengadilan atas setiap penangkapan atau hukuman dimanapun, walaupun anda telah dibebaskan atau telah diberi pengampunan di kemudian hari.
Orang tua yang mengajukan permohonan visa untuk anak-anaknya yang berusia dibawah 16 tahun, harap membawa kartu keluarga dan akte kelahiran asli.
Dokumen-dokumen dibawah ini adalah dokumen tambahan saja, yang pada dasarnya tidak diperlukan dalam peraturan, tetapi dengan adanya dokumen-dokumen ini dapat membantu Pejabat Konsul untuk mengevaluasi aplikasi anda menjadi lebih cepat. Harap membawa dokumen asli, jangan fotokopi:

Bukti terbaru atas pendapatan, pembayaran NPWP, kepemilikan properti atau badan usaha, atau aset; buku tabungan atau rekening koran; surat keterangan bank atau deposito;
Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan apa tujuan anda ke AS.
Rencana perjalanan ke AS

5. Melapor ke wawancara
Anda harus melapor ke pintu gerbang Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan 5, tidak lebih dari 15 menit lebih awal dari jadwal wawancara anda. Semua pemohon visa non-imigran harus datang sendiri untuk wawancara dan pengambilan sidik jari (kecuali pemohon visa A1, A2, G1, G2, G3, G4, NATO dan C3, dan bagi pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas). Tahap akhir dari proses jadwal wawancara anda adalah diwawancara oleh Petugas Konsular Amerika.

Pada akhir wawancara, anda akan menerima salah satu dari dokumen berwarna berikut ini:

Putih, berarti bahwa aplikasi disetujui dan menjelaskan bagaimana dapat mengambil paspor anda yang sudah ada visa.
Hijau, berarti bahwa anda diminta datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan.
Kuning, berarti bahwa permohonan visa anda dikenakan proses administrasi tambahan dan kami akan memberitahu anda apabila prosesnya telah selesai. Umumnya proses administrasi tambahan selesai dalam waktu 60 hari, meskipun jangka waktu proses berbeda disesuaikan dengan keadaan dari masing-masing permohonan visa.
Merah muda, berarti bahwa pada saat ini anda belum memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
Biru, apabila pengisian aplikasi tidak lengkap, anda diberi kesempatan untuk kembali dengan aplikasi yang sudah lengkap.

Keamanan di Kedutaan AS:

Pengawasan ketat akan dilakukan pada saat memasuki wilayah Pemerintah AS, sama seperti pada saat malakukan perjalanan ke luar negeri. Harap tidak membawa barang-barang berikut ini karena tidak tersedia tempat penitipan baik di dalam maupun disekitar Kedubes AS:

Semua barang yang dioperasikan dengan baterai atau peralatan elektronik, seperti telepon genggam, agenda digital, jam tangan digital, pager, kamera, kaset/video, compact discs, MP3, floppies, laptop, palmtop atau berbagai jenis peralatan untuk mendengarkan music.
Semua tas berukuran besar, seperti tas travel, tas ransel, tas kulit, koper, tas rajutan/bahan dan tas dengan ristleting. Hanya diperbolehkan membawa folder plastik yang memuat aplikasi dan dokumen-dokumen pendukung.
Membawa berbagai jenis makanan. Air minum tersedia. Makanan kecil dapat dibeli di Kedubes AS.
Amplop tertutup atau bingkisan.
Rokok/cerutu/korek api/semua yg mudah terbakar.
Semua jenis benda tajam, seperti gunting, pisau atau gunting kuku.
Senjata tajam atau segala jenis bahan peledak.
Daftar barang-barang di atas tidak bersifat final. Semua pengunjung dan barang bawaannya akan melalui proses pemeriksaan. Barang-barang jenis lainnya juga dapat dilarang masuk berdasarkan kebijakan pihak keamanan. Kedubes AS tidak menyediakan tempat penitipan untuk barang- barang yang dilarang tersebut.

Well, Good luck yah guys untuk visanya! Semoga diapprove yah!

Advertisements

140 thoughts on “Visa Amerika

    • christinberlina says:

      Halo frederick. Kalo kamu underage, otomatis semua dari orgtua, tetapi setau saya orang tua kamu harus ikut apply karena kamu akan ditanya napain ke sana sendiri. Tetapi bila kamu di atas umur 17 student, university, setau saya kamu lampirkan akte nikah ortu, kk, surat referensi bank ayah kamu yg menyatakan kamu disponsor oleh ayah, sufficient fund di bank ayah kamu. Untuk lebih detil, kamu ke tur agency utk minta perlengkapan dokumen.

      • Frederick Wijaya says:

        Saya tujuan untuk holiday, tetapi holiday bersama teman orang tua saya dan anaknya. Mereka berdua sudah punya visa amerika. dan rencana mau ikut tour bersama mereka. hehehe, kira kira gimana ya ngurusnya sist ? , saya pernah urus apply visa tourist, tapi saya ajukan sendirian holiday… hehehe sayangnya di reject.. sebelumnya waktu interview saya berbicara lancar dengan konsul di surabaya.. tetapi di reject juga hehehe.. mungkin dia ngak percaya saya holiday sendirian.. dan saya masih umur 20 tahun.. hehe.. kira kira gimana ya sist ? ..

      • christinberlina says:

        Kamu direjectnya taon ini ya? Saya rasa kamu harus apply bareng 1 keluarga dengan alasan holiday bareng sih, to me thats the only option. Soalnya setau saya memang skg susah, terutama habis kasus bom di paris kmrn, amrik jadi aga ketat.. Kalo kamu ud kasi surat pelajar tp tetep ditolak ya brrt cuman the only choice apply sama keluarga.. My friend apply twice in one month, tetp ditolak.. Saya cuman bisa saranin coba apply satu keluarga and make the itineraries but still ya tidak menjamin. Krn mreka pasti sudah ada catetan oernah nolak kamu.. So i hope it helps

      • urip dwi prasetiyo says:

        sya seorang crew kapal pesiar,sya baru saja mngajukan visa dan sdah mlakukan wawancara, sya slalu mnjawab prtanyaan yg d berikan,, tetapi tanpa alasan yg jelas sya di kasih kertas pink, dan permohonan saya di tolak,, kenapa kok bisa begitu?, padahal sya membutuhkan visa us, karna jadwal kontrak saya join di miami,, bisa ga mba bantu agar visa us sya d terima,.? soalnya kan ini jadwal kapal saya.,

      • christinberlina says:

        Saya bukan pemilik kedubes usa mas, saya tidak tau kenapa alesannya hahaha. Obrol sama atasan dan kedubes lagi aja, saya tidak bisa membantu idenya karena saya ga pernah ajuin visa pekerjaan juga. Trims

    • voonny says:

      Hii frederick, mau tanya donk. dalam jangka waktu brp lama km apply lg visa yg ke 2 setelah di tolak visa kamu yg pertama ?
      Minggu kemarin saya ada apply visa amerika . Saya dan mama saya. Untuk jalan2 tour di bulan desember ini. Krn saya pecinta alam dan kebetulan di tour tsb ke green canyon.
      Tetapi di tolak. Pd hal saya bawa semua dokumen dan itinerary nya. Saya jg bawa surat jaminan perusahaan dan buku tabungan yg cukup besar nilai nya. Tetapi tidak di lihat sama sekali dokumen nya. Pd saat saya wawancara saya jawab pertanyan tidak ragu2 sama sekali krn memang tujuan ikut tour. Saya pasti harus kembali ke indo krn saya ada jadwal ketemu notaris untuk ttd rmh atas nama saya.
      Kira2 apa saya apply kembali untuk yg ke 2 kali nya ?
      Boleh minta saran nya juga sist ?
      Thanks

      • christinberlina says:

        Biasanya 2 minggu kemudian boleh, cuman ya tidak dijamin karena waktu itu teman saya juga ditolak. Makanya bisanya 3 bulan kemudian. Saya tidak bisa memberi penjelasan kenapa krena itu penilaian kedubes. Dan biasanya kalo single emang aga susah sih, kcuali applynya satu keluarga sama papa mama adik beradik semua. Saya dulu sih begitu

  1. Frederick Wijaya says:

    ohh.. iya.. kemarin waktu di tolak, consular ada kasi kertas putih sama aku. isi intinya.. aku belum ada bukti kuat untuk kembali ke indonesia. , 1 keluarga ?.. if only with my father to apply.. no problem kan ?
    soalnya yang mau cuma papa saya hehe..
    So.. how ya ? hehe..

  2. Irene Syalom says:

    Sis mau tanya, kalau informasi orang tua itu dalam bentuk apa ya?
    Dan untuk rekening koran apa bisa di ganti dgn slip gaji dan foto copy buku tabungan/mutasi rekening?

    • christinberlina says:

      Halo irene. Akte nikah ortu dan KK, yg bisa buktiin mreka ortu anda. Boleh diganti dengan tabungan/mutasi rekening tetapi dilampirkan dengan surat referensi bank buku tersebut dan dicap cabang. Slip gaji sepertinya hanya tambahan, tapi buku tabungan harus ada deh or rek koran, krn mereka perlu tahu dana anda. Itu disiapin saja, kadang gak dilihat dan gak dicek, tapi kalo anda ga siapin dan pas diminta kamu ga punya, malah nanti akan disuruh balik interview lg dengan dokumen lengkap. Thats why gue selalu siapin selegkap2nya hehe. Good luck ya

  3. retha says:

    sis aq mau nanya, aq udah isi sudah conform juga tapi pas aq.liat baru sadar aq upload fotonya ukuran bukan 5×5 tetapi lebih besar, itu masalah gak ya? soalnya pas aq msk lg udah gak bs edit lg krna sudah dpt lembar confirmationnya. (untuk uk foto nya dari nama yg diberikan sampai kebawah nomor konfirmasi) uk segitu.kira kira solusi gimana ya? apakah musti ulang aplikasi? tp double gak ya datanya? thanks mohon dijawqb sis

    • christinberlina says:

      Halo retha. Saya saranin kamu jangan double ya. Kamu attached form nya trus email ke kedubes amrik yg di indo, dan tunggu info dari mereka. Kalo kirim malam ini ya senin siang mungkin uda dibales. Kalo sampe belon bales sebelom interview, kamu bawa aja soft copy yang 5×5, jelasin apa yang telah terjadi beserta lampirin aja email yang sudah kamu kirimkan ke kedubes(bila belum di reply)

      • retha says:

        sis aq td applay visa aq sama mama ditolak. gak ngerti knapa.padahal aq punya.adik disana. ada surat suratnya.juga permanent resident juga. dia lihat rek tabungan.juga. semua.dilihat tp sayang ketolak. kalo misal aq apply lg bakalan ditolak.lg gak ya? trus brapa.lama ya wktu untuk apply lg? td pas ditanya.aq.bilangnya mau.ktmy adek.disana.adek perempuan.

      • christinberlina says:

        Yah terkadang ada saudara tidak berarti akan membantu, dia kan bisa aja takut kalian ke sana dan ga balik lagi. Dia juga crosscheck keuangan dan pekerjaan kamu dan umur dan status. Saya bukan staff sana sih sis jadi gatau alasan utama nya. Hahaha kalau mau coba boleh saja, buat itinerary aja atau ikut tur..

  4. Irene Syalom says:

    Wah sis, bagaimana kalau ortu itu nikah adat dan nggak ada akte nikah? Jd dokumen apa ya yg bs dipakai sbg pengganti akte nikah?

  5. nonacempluk says:

    Hi kak Christ..semoga sehat selalu disana..
    Mau tanya nih..kalo misal untuk student visa (F1) disponsori sama “pacar” bisa g ya?kita blm ada niatan untuk married atau tunangan sih..akunya pengen ikut semacam sekolah pattiserie gitu..kebetulan deket tempat tinggal dia (Minneapolis) ada yg affordable..aku kok takut ya kalo malah disponsori US Citizen malah g bisa..mohon sarannya ya kak..makasih 🙂 GBU

    • christinberlina says:

      Setahu saya bisa bisa aja, cuman diapprove atau tidak nya saya tidak tahu. Karena us punya alesan tersendiri untuk menyetujui or tidak menyetujui, yang dimana itu saya tidak bisa menjawab. Hahaha. Temen saya yg dananya melimpah saja visa ditolak, so saya tidak bisa menjawab. Saya bukan ahli di bidang student visa, jadi lebih bagus anda tanya ke agent saja, mereka akan bisa membantu.

  6. eny says:

    hai sis..
    jadi worry mau apply.. krn sy juga pernah ke tolak beberapa x terakhir 2013. then.. untuk tahun ini mau coba dengan uda ada visa waiper japan, vs korea, vs schengen..itu kira2 gmana ya? sy masih single. dan kerja disalah satu perusahaan dijkt. apa kah sy apply sndiri?atau bareng sm mama sy ya?
    thanks sebelumnya.

    • christinberlina says:

      Setau saya, mereka intinya gamau ada yg kabur ke sana dan ga balik. Jika memang sudah lengkap, dia akan crosscheck lihat dari rekening koran, pekerjaan, dan company dimana sis bekerja. Yang pasti sih dicoba saja. Saya sih saranin satu keluarga, tetapi keuangan ya dari parents. Tapi balik lagi intinya kebutuhan sis. Saya juga ga bisa jaminin. Yang pasti kalau anak muda dan single emang sulit, terkecuali ada jaminan perusahaan, or pekerjaan yang dia nilai sis ga bakal pindah negara.

  7. Subri says:

    Langsung aja yaaa kemaren saudara saya interview buat visa turis tapi gagal setelah dua hari dapet email dari embassy surabaya isinya disuruh mencoba lagi buat interview pertabyaan saya apakah isi email itu normal buat kita di kirimin setelah gagal interview sebelumnya dan kalau saudara mau mencoba lagi buat interview menurut anda bagaiman….??? Terima kasih

    • christinberlina says:

      Halo Subri, saya sih tidak pernah encounter masalah seperti itu ya. Setau saya kalo ga ditolak ya diterima. Kalo mmg diminta interview pertanyaan yah sudah pergi saja, mungkin cuman utk biar lebih mengenal saudara anda, eligible atau tidak untuk visa. Dicoba saja kalau memang niatnya hanya untuk jalan dan holiday.

  8. Kenneth says:

    Halo, mau tanya.. Saya mau apply visa us, tapi saat ini saya sedang kuliah di sydney. Apa lebih baik saya apply visa us dr sini atau dr indo? Dan apabila rekening tabungan dari bank australia tidak masalah? Karna saat ini saya sdh tinggal di sydney selama 1 thn lebih
    Bila ada invitation letter dr teman di us, apa saja yg harus disertakan bersama invitation letternya?
    Thank you

    • christinberlina says:

      Hallo kenneth, apply saja di sydney, i think it will be easier. Temen saya bulan lalu apply dari london, pkai rekening tabungan london, gampang kok. Karena mereka tau temen saya psti balik lagi ke uk. Saya sih tidak begitu saranin, karena takutnya nanti teman kamu yang diseret2, nanti malah dia yang akan ditanya2, kecuali memang penting seperti pernikahan.

  9. putthekittenp says:

    Halo Christin, salam kenal. Infonya sangat membantu sekali dan jelas. Aku juga mau apply visa US dan sementara menyiapkan dokumen2 yg dibutuhkan. Mau tanya, kalau perjalanan kita disponsori sama pacar (tiket pesawat, dll) apa sebaiknya saya attach Invitation letter + Scan/Foto ID Card + Bank Statement 3 bln terakhir dari sponsor saya atau ada dokumen lain yang perlu saya lampirkan? Karna saya ke sana hanya untuk berkunjung dan ketemu ortunya selama 2 minggu (soalnya sy kerja di Indonesia) dan tidak bisa lama2 disana. Tahun lalu dia udah datang mengunjungi saya di Indo selama 10 hari dan sekarang dia minta saya untuk berkunjung ke US. Kita belum ada rencana buat menikah.. hehee

    Thank you,

    • christinberlina says:

      saya saranin tambahin dokumen keterangan kerja kamu. Sebenarnya saya tidak tahu dengan adanya kenalan di amrik is a good thing or bad thing. karena terkadang bisa aja mereka takut kamu akan diem2 stay di sana dan tidak balik. tetapi dicoba saja, asumsi saya kan bisa salah. namun, akan lebih baik bila kamu ada bukti bahwa kamu akan tetap balik ke indo, such as karena kamu ada karyawan tetap or ada usaha. kalo memang ga ada juga, ya sudah kamu lampirin begitu aja. ini semua tergantung hoki juga kok. kabarin ya nanti jadinya gmn dan diterima or tidak! thanks!

  10. beta says:

    Hallo^^ saya ingin tanya, saya rencana mau ke us with my mom and my step dad. Untuk pengisian DS-160 itu harus masing2 ya? jadinya saya buat akun 3x untuk saya, my mom and my step dad?
    thank you 🙂

    • christinberlina says:

      sepengetahuan saya, pada saat isi ds-160 harus masing masing. soalnya kan itu info personal/pribadi, makanya ada upload photos segala. yang bisa bareng itu interview schedule. nanti ada web lagi, kalau saya tidak salah ingat kamu bisa masukin data orang tua kamu untuk interview juga, jadinya bareng. semoga membantu

  11. Lenny says:

    Hi christin
    Sy lenny, baru mau aply visa ke US, tujuan holiday aja.
    Sy blom pernah kesana, ada seseorang yg mau jd suporter sy disana.. kira2 baiknya aply gmn ya aplynya supaya di approve.. soalnya suporter sy itu bkn keluarga cuma temen aja.
    Mohon sarannya.
    Terima kasih 🙂

  12. andri says:

    hai christin salam kenal, saya mau apply visa untuk 1 keluarga( saya, istri, dan anak saya umur 3 tahun), apakah formulir ds 160 nya isi sendiri2 ya?, soalnya saya sudah isi ds 160 dan sudah submit, terus saya baca kalau mau buat ds 160 grup bisa pada waktu confirmation page ds 160 itu ada thank you page terus ada pilihan buat grup, tapi sudah saya cari di halaman confirmasi kok ga ada ya pilihan buat grupnya?

  13. rianti says:

    hi ka.. sy mau tanya sy prnah ditolak 2x trakhir thn 2013 . wkt,itu sy msh kuliah dan sy dsuruh main kesana sama om sy yg udah us citizen. Dikasih surat sponsor. Ref bank dri bokap. Surket dri kampus. Dan 2x alasan sy yg mau holiday ke om sy jg ditolak tnpa melihat dokumennya. Skg sy mau coba lg sy udah kerja kartap di bank dan udh punya surket dri kantor. Tp tabungan cuma 30jtan. Bookingan tiket ada pp untuk bln jan slama 3 mnggu,dibookingn tman sy yg emg mau brgkt bln jan tp dia udh punya visa. Jd sy dsuruh buat klo apprv sy brgkt bareng dia. Nah mau sy tanya apa sy perlu bilang lg klo sy ada om disana. Atau gausah? katanya klo ada keluarga malah disangka mau menetap. Mending bilang mau backpakeran aja nginap di hostel gt. Tp klo sya bilang ga punya keluara disna. Apa gpp. Secara sy aply dulu krn mau ke om sya dsna tp ditolak krn mgkn sy msh 20thn an blm kerja. Blm nikah jg smp skg sih. Jd gmna ya alasan kesananya?

    • christinberlina says:

      Halo rianti, sebenarnya saya lebi setuju untuj tidak memberitahu ada saudara. Namun karena kamu dulu sudah pernah jujur, saya tidak tau apakah akan tercatat di sistem. Saran saya sih kamu apply baru, ngaku backpacker, tetapi buat itunerary yg pantes ya, only 7-10 days saja. Pergi ke hanya beberapa kota deket spt ny,dc,boston. Itu kan harga bus ga mahaaal. Semuanya sih tergantung hoki juga sih. Trus book hostel yg murah gpp kokk! Susun itinerary yg bener n rapi, be confidence dn submit. Kalo ditanya ada sodara ato ga blg ga ada. Pleaseeeee let me know cerita kamu ya biar bisa share. Trims

  14. Aikik says:

    Hi christin,salam kenal

    Saya berencana mengajukan visa F2 ke USA. Saat ini saya sedang dalam proses mendapatkan I-20,dengan funding dari ibu saya. Jadi ibu saya sudah membuat referensi bank dan rekening koran dari bulan juli-oktober.
    Saya berencana mengajukan permohonan visa ke kedutaan sekitar bulan desember awal. Untuk bukti pendanaan apakah bisa dg referensi bank dan rekening koran bulan oktober?atau nanti sebelum jadwal wawancara saya harus membuat lagi sampai bulan november?

    Ibu saya wiraswasta usaha penginapan. Apakah kira-kira akan ditanya tentang bukti usahanya? (Seperti surat tanah/pbb?)

    Terimakasih atas bantuannya.

    • christinberlina says:

      Halo Ai, sepengetahuan saya sih referensi dan rekening koran 3 bulan terakhir sebelum kamu ajukan. Kalo kamu apply desember ya rekening korannya sept okt nov.. difotokopi aja surat tanah/pbb nya, jadi kalau ditanya kamu tgl langsung ngebuktiin.. kalo kamu anggep repot ya ga usa, cuman takutnya disuruh bolak balik.. jd dibawa saja.. saya dulu bawa, tapi ga diminta.. cuman hanya untuk jaga2..

      • Aikik says:

        Terimakasih infonya..kmrn senin sy wawancara..rekening koran dri ags sept okt dg funding dri mertua.
        Sy wawancara bareng dg suami yg jg pengajuan visa F1
        Proaes wawancaranya kurang lbh seperti ini:
        What is your name
        What will you do in us:phd electrical enginering
        Who will sponsored you:scholarship for me and from my father for my wife
        What is your father job: lecturer
        Pertnyaan utk sya
        So you have a baby,how old your baby;3 weeks now
        You will work in there: No
        Will you leave your baby: yes (agak ragu jwbny)
        Are you sure you will leave yoyr baby: yes because indonesia is best place for my daughter
        Hmmm,ngetik2..
        Oke here is (ngasi kertas putih)

        Rek koran tdk ditanyakan
        Jml uang sponsor dari mertua jg tdk ditanyakan
        Semoga pengalamann sy bisa membantu yg lain

  15. mauraaisha says:

    hello..aku mau nanya dong? jadi aku mau holiday ke us sama mama aku. terus mama sama ayah aku udh cerai. hak asuhnya ada di mama aku, sedangkan aku kartu keluarganya sama ayah. bisa nggak ya kalo kaya gitu? aku pindah kartu keluarga waktu itu karena untuk urusan sekolah. thanks

  16. Hennie says:

    Hi…saya mau tanya utk pembayarannya,langsung ke bank aja atau ada yg mesti si print utk data ke bank nya? Saya lihat form pembayaran kamu kayak dari bank.thanks infonya

  17. Daniella says:

    Hi, Christin. Aku mau tanya kalau di buku tabungan kita ada mutasi pendebetan atas penggantian 2 buku akan jadi pertanyaan untuk kedubes ngga ya?
    Mendingan kasi liat rekening koran atau buku tabungan saja pas di wawancara nanti?

    Thanks.

  18. Jefriyanto says:

    Saya baru ditolak juga akhir oktober lalu dikarenakan sedang menjalankan startup dan mendapat panggilan interview dan mentorship sama company US. Tapi sepertinya tidak cukup kuat, kayaknya dikira startup ngga permanent dan gampang lepas bisa kerja di US. Padahal company saya sudah berbentuk legal PT.

    Rencana mau apply dalam waktu dekat lagi karena company di US perlu hadir on site. Saat ini ada company gede yang bisa kasi letter sponsorship dan rekening koran companynya.
    Tapi habis baca beberapa blog dan tulisan di atas, kayanya ngga apply sebagai visa untuk mentorship, melainkan mau coba apply jadi turis saja, kira-kira ada tips ga ya?
    Bagusnya B1/B2 atau B1 saja atau B2 saja?

    Nb, setelah konsultasi dengan teman yang sudah diterima, mereka bisa lolos karena dapat interview oleh konselor bule cewe cantik. Sedangkan saya bule pria hitam botak. Jadi berdoa aja selalu dapat bule cewe cantik, jangan bule pria, sharing2 donk

    • christinberlina says:

      Secara logika sih menurut saya form kalian itu sudah dibahas dan diperiksa sebelumnya, dan kalo yg emang ga eligible harusnya sudah ketauan. Menurut saya sih interview hanya formalitas. Untuk make sure lagi pilihan dan penentuan mereka sebelumnya benar atau tidak. Terserah sih kamu mau daftar sebagai turis atau ngga, cuman takutnya di sistem tercatat alesan kamu ditolak, jadinya mereka akan mempertanyakan lagi. Dicoba saja, tapi ya tidak ada jaminannya. Cuman saran saya sih jangan pernah bohong or nambah2 lagi, kecuali dari awal kamu daftar turis. Dicoba saja, trims

  19. mike says:

    Hi cristin. 18 nov 2016 kemarin saya apply visa ditolak saya hanya di tanya gaji dan tinggal sama siapa. Saya jawab sama orang tua karena memang saya maaih 1 rumah sama orang tua. Saya apply.untuk sendiri karena rencana nya saya mw kesana antar mama saya ketemu cucunya yg lagi kuliah disana. Saya terakhir saya di tanya ada saudara.itu siapa disana . Saya jawab keponakan saya yang lagi study . Rencanaya saya mw ajuin visa lagi kira kira brp bulan dari terakhir di tolak ya ? Saya ajukan lagi ?dan apakah lebih baik saya ajukan sama istri? Pasport saya baru ke china sing dan malay rencananya sebelum aply saya mw ke thai dan japan. Tx ya

    • christinberlina says:

      Halo mike, setau saya sih 3 bulan better sih. Biasanya sih yang menjadi consideration itu pihak keuangan, kemapanan, dan juga kerjaan. Karena mereka takut kita akan ke sana untuk kerja ilegal. Boleh dicoba untuk apply bersama istri, tapi saran saya yah keuangannya di rek koran juga harus diperkuat. Trims

  20. Ms. Tiffa says:

    Hallo sis..mau sharing dong..sy, tunangan dan mama sy ada rencana k us buat holiday sekalian sy dan tunangan honeymoon. Sy dan mama sy sdh berhasil mendapatkan visa..sdgkan tunangan sy blm..dy menyusul apply visa..di aplikasi statusnya di tulis “engaged”..dan akan dibiyayai oleh mertua karena hadiah pernikahan..pekerjaan tunangan sy jg sdh bgs di jkt..tp kmrn dy interview sndr dan ditolak..katanya ada pertanyaan “sudah berkeluarga?” sampai 2x..dan tunangan sy jwbnya “belum”..Ap lg dapatnya pewawancaranya laki-laki jutek yg sblm tunangan sy d interview jg d tolak smua..kl yg pewawancara perempuan smua terlihat friendly..
    Rencana mlm thn baru kita akan k bangkok, lalu kita merried nanti pertenggahan Januari nanti..dan febuarinya mau k us..
    Kira2 kl apply ulang lebih baik setelah menikah atau akhir desember kita br apply lg y sis?apakah ada cap thailand d passport dpt membantu? Berhubung passport tunangan sy br cap singapore..apa itu berpengaruh?
    pdhl keluarga yg nanti ikt traveling sdh ad visa smuanya..tinggal tunangan sy..cm tkt ditolak lg ni..hiks..ga bs honeymoon jdnya.. 😥

    • christinberlina says:

      Halo, sbenarnya mreka was was kalo masih single soalnya takut mau kerja di sana dan tidak ingin kembali lagi. Dan biasanya sih 3 bulan lg baru ajuin sih. Lagian spring is better kok di us, after january/feb aja apply. Biar ke sananya ps musim semi.

      • christinberlina says:

        Sepertinya tidak bermasalah, ajukan saja tanpa paspor lama. But please get used of emailing us embassy govt for more concrete information ya aya. In case regulations change, thanks

  21. Titi says:

    Hallo Christin, saya berencana apply visa usa bareng anak saya yg berumur 14thn, suami dan anak yg kecil umur 8 thn tdk ikut. Apply 2 org sj begitu gpp ya? Trus tempat menginap sebaiknya diisi apa ya? Krn rencana apply visa dulu barusan ikutan tour. Dan sebaiknya minim jumlah uang yg mengendap ditabungan brp ya? Agar lbh besar kemungkinan disetujui. Please advise ya, thx.

  22. Hendy Lim says:

    Hi Christin
    Saya akan mengajukan visa USA bersama keluarga saya (Mama dan adik perempuan) bulan desember 2016 ini. Tujuan kami adalah untuk vacation
    Kondisi yang ada,
    1.Saya sekarang kerja di philippines (Legal) sebagai analyst kurang lebih hampir 1 tahun. Sebelum kerja di philippines saya kerja di indonesia di beberapa company kurang lebih 4 tahun dan 3 tahun. Apakah pengalaman kerja saya sebelumnya perlu dilampirkan? apakah pengalaman kerja saya di philippines tidak menjadi masalah karena kurang dari satu tahun?
    Untuk biaya perjalanan saya membiayai sendiri perjalanan saya bergitu pula dengan adik saya. Mama saya tidak membiayai perjalanan kami, apakah perlu mama saya melampirkan rekening pribadi nya juga? apa perlu mama saya melampirkan giro2 yg di dapat dari customer?

    2. Adik perempuan saya kerja di indonesia kurang lebih hampir 8 tahun, sebagai accounting & tax spv dan mempunyai properti di indonesia. Apakah cukup kuat bisa di approve visa usa nya?

    3. Mama saya menjalankan bisnis home industry di indonesia namun tidak mempunyai dokumen2 spt SIUP dll, mempunyai properti, Apakah cukup kuat bisa di approve visa usa nya?

    Would u please to share trik2 menjawab pertanyaan interviewer dengan baik.
    Mohon pencerahannya
    Thanks a lot

    Hendy

    • christinberlina says:

      Halo hendy, again saya ga bisa menjamin apakah kedubes akan approve or not. Karena visa kan juga disesuaikan sama kebutuhan negaranya, politic etc. yg pasti sih bila memang masing2 biayain sendiri ya rekening koran dan surat bank masing2 harus jelas. Kerjaan itu kemungkinan akan ditanya, tetapi mostly yg terakhir doang sih. Single juga kadang menjadi consideration mereka karena takut kamu ga pulang. So saya ga bisa jawab pertanyaan kamu. Intinya pekerja lampirin surat kerja, pengusaha ya siup, dan rekening koran sendiri2 kalo memang biayain sendiri.

  23. adiartapratama says:

    Sista, wawancaranya banyak banget gak sih?
    Saya kan pekerja freelance, rencana ke US sama temen saya yg punya perusahaan. Nah disitu saya rencana pake surat ket kerja dari perusahaannya, pura2 jadi karyawannya gitu.

    Menurutmu gimana?
    Aman gak ya?
    Ketauan gak ya?

    • christinberlina says:

      Hahahahha wawancaranya banyak ato ngak tergantung siapa yg diwawancara dan pewawancaranya juga sih, jd ini tergantung hoki dirimu. Cuman saya selalu pikirnya kalo dokumen kita lengkap dan ga bermasalah, ya harusnya gak ribet. Menurut saya sih yg penting dirimu meyakinkan. Good luck

  24. Mimi says:

    Halo Mba Christin,
    Mau tanya dong, saya sekeluarga ayah ibu kakak ingin holiday di us. Tapi kakak dan saya sendiri masih belum bekerja. Apa tidak masalah jika membuat surat keterangan berkerja dari perusahaan ayah saya? yang sebenarnya saya dan kakak saya belum bekerja. Kakak saya cerai hidup dan saya sendiri masih single.

    Trims.

    • christinberlina says:

      Tidak masalah sih harusnya, memang wajar kan kerja sama keluarga. Cuman ya harus tahu jobdesk, kali iseng ditanya kerjaannya apa aja. Jadi ya paling tidak harus tahu kerjaan sehari2 apa. Saya pas masuk amrik aja di imigrasi bisa ditanya. Kerjanya apa, suka kerjaannya gak, gitu2. So ya intinya jangan gatau kalo ditanya.

  25. Septi says:

    Hi berlina thanks for sharing and happy for you having that visa. Aku septi kmaren interview tgl 2 december di sby dan mereka blm bisa kasih keputusan n i have to wait for like a week. Mereka cuma bilang akan ngasih jawaban lewat email. Nah lhooo. Dan dengan sedih hati plus kecewa berat visaku ditolak alasan karena i dont have enough strong ties to return back in Indonesia. Padahal ini pakai insentif dr kantor, tp memang cuman saya sendirian.
    Kira2 ada ngga ya saran buat saya?
    Atau mungkin ada ngga temen2 yg mau re apply lewat travel?bareng2 yukkk😊
    Makasih

    • christinberlina says:

      Dear septi. Menurut saya, kedubes amrik itu pasti ada catetan kamu pernah apply, beserta alesan2 kamu ditolak. Jadi menurut saya kalo kamu paksain dan dibuat2 yang adanya habisin duit visa kamu. Nggak ada so far, good luck for next time ya

  26. Aman says:

    Hai mbak, sangat super banget jawaban mbak yg diatas semua dan membantu
    Tapi saya masih bingung, saya baru2 ini berhenti bekerja tapi inshAllah awal tahun depan mau ke us krna dipanggil sama tante sekalian jenguk kakak yg baru lahiran. Untuk masalah rek koran/ atm apakah harus 3 bln sblmnya yg diperiksa atau diperbolehkan 1 bulan sebelumnya ? ohhiya, kalo contoh itinerarynya itu seperti apa yah kalau alasan saya mau holiday disana. Trims

  27. mike says:

    Hi cristin saya lupa mw nanya waktu apply visa yg kemarin di tolak saya tulis di us ada keponakan yang sedang sekolah. Kalo saya mau apply lagi sebaiknya tetap bilang ada keponakan disana atau bilang tidak ada ya ? Saya takut di tolak gara2 ada keponakan disana . Tapi kalo saya tulis ga ada keluarga disana data saya sudah tersimpan ga ya? Jadi sebaiknya tulis ada atau tidak ada ya. Tx before

    • christinberlina says:

      Kalo sebelumnya sudah jujur ada ya jujur saja. Kalo memang belum tertulis ya mending gak usah. Nanti yang ada kamu ribetin keluarga di sana. Takutnya mreka dicek dan lain lain. Kecuali emang keluarga kamu di sana ada usaha, kerjanya ok, sehingga bisa jaminin dan sponsor kamu. Menurut saya sih semua data disimpen, but again silahkan bila kamu mau coba. Trims

  28. Jovanka says:

    Hi Christin,
    Saya lagi bingung nih… browsing2 nemu tulisan kamu, kali2 ada ide gimana enaknya..

    Suami ada kakak perempuan di us udah citizen. Dan dia mendaftarkan kami berdua utk greencard as siblings. Tapi belum ada kabar sampai sekarang. ( udah dari 5 th lalu ).
    Sekarang saya dan suami ingin apply visa, enaknya bilang ada saudara atau tidak ya?
    Pergi ini utk liburan saja, dan biaya sendiri semua. Thanks buat masukannya sebelumnya.

  29. Santi says:

    Hi mau nanya nih, saya kan pemegang passport indo nah skrang lagi kerja di philipine ada visa kerjanya rencanya mau ajuin visa US di pilipin, mnrt km bagusan ajuin dmana? Dan biasany dpet jadwal wawancaranya brpa bulan stlah kita daftar? Ada kemungkinan gak yah misalkan kita bayar bsk trs daftar bulan februari awal bsa wawancara? Trs klo re schedule wawancara maksimal bsa tunda brpa lma? Thanks

  30. Frendy Pangalila says:

    Hi Christin,

    Saya Frendy, mau minta saran nih dari kamu, Saya saat ini berada dan lagi kerja di Manila, Filipina dengan status visa yaitu Working Visa(legal) dapat dari kantor saya. Rencana ke US adalah tahun ini untuk vacation aja, jalan-jalan bertemu keluarga disana, orang tua dan adik saya akan ke US dalam tahun ini juga, dan saya berniat untuk mengunjungi mereka. Rencana visa akan saya coba apply di Surabaya nantinya.

    Pertanyaan saya.

    1. Haruskah saya membawa slip gaji dari perusahaan saya yang ada di Manila?
    2. Apakah membutuhkan Certificate of Employment dari kantor saya?
    3. Apakah membutuhkan Travel Authorization Letter dari kantor saya? yang membuktikan bahwa saya akan melakukan perjalanan ke US.
    4. Pihak konsuler akan meminta rekening korang saya yang di Indonesia atau di tempat saya bekerja di Manila? Rekening koran mana yang harus saya persiapkan?
    5. Orang tua dan adik saya hanya memiki status visa turis saja di US, apakah saya harus memberitahukan tentang mereka jika dipertanyakan?
    6. Berhubung paspor saya sudah mau expired, saya akan membuat paspor baru, dan otomatis halaman paspor akan kosong, haruskah saya membawa paspor lama juga? Karena takutnya mereka ana meminta bukti Visa kerja saya yang ada di Manila?

    Mohon sarannya, dan terima kasih yah sebelumnya.

    Regards,
    Frendy Pangalila

    • christinberlina says:

      Intinya berikan dokumen sesuai permintaan kedubes. Dokumen kepegawaian kamu which bisa support kalo kamu akan balik ke filipin dan ga akan stay di amrik illegally. Rekening koran yang paling banyak dananya so pasti. Kalo emang ajuin bareng ya jujur aja, soalnya niatnya kn jalan sekeluarga. Bawa saja paspor lama. Dibutuhkan or tidak at least pas interview ada.

  31. horvej says:

    hai kak., aku rencana untuk apply visa sama saudaraku yg laki2 untuk backpack. Sebeneranya sih ada sodara di Amrik, cuma katanya kalo ada saudara di sana agak ribet ya pas interview? Soalnya aku cewe, single dan masih under 30. kalo dari rekening pribadi sih aku uda nanya beberapa travel kalo rekening aku memenuhi standard (ada sekitar 3x lipat dr standard yang ditetapkan travel). Tapi berhubung aku hanya bekerja di perusahaan keluarga sendiri, selama ini hanya terima gaji untuk formalitas aja, nilainya di bawah ptkp, otomatis tidak ada pembayaran pajak. Nah biasanya kalo gini dimasalahin ga ya? Kira2 buat berapa days yah saya di amrik pas isi form ds nya? soalnya saya juga ada rencana stay 2 bulan sebenernya. Cuma takut dicurigai aja kalo terlalu lama. Padahal sih aku pasti balik ke lagi k Indo. Thanks before kak infonya 🙂

    • christinberlina says:

      Yang pasti setau saya amrik visanya 5 taon, cuman gatau apakah ada perubahan stlh dilantik presiden baru. Intinya sih kamu apply sesuai dengan kemampuan kamu secara finansial, karena concern mreka hanya kamu jadi ilegal di sana. As for saudara mereka kawatir karena takut kamu ada yang bantu jadinya ga pulang. Seinget saya harus lampirin bukti pembayaran pajak. Better kamu cek di web nya. Kalo mau gampang ya apply sekeluarga sama papa mama kalo memang financially ok yah. Jadi papa kamu yg ajan ditanyain secara finansialnya, bukan tertuju ke kamu.

      • benautoblog says:

        Hai kak.. Thanks for the reply. I got the visa anyway 🙂 sekaranng rencana mau buatin visa untuk ortu dan tante untuk liburan dan visit sodara. Kalo ortu sudah pensiun gitu biasanya dipersulit ga ya utk bikin visa? Lalu juga krn papa pengguna kursi roda, biasanya hal ini permasalahkan ga ya utk apply visa? Rencana mau ajak tante untuk bantu2 selama di us krn papa pake kursi roda. Tp takut dicurigai tanteku bakalan jd pekerja ilegal ga ya d sana? Karena tanteku yg lain dl pernah dicurigai utk jd illegal worker krn mau visit sodaraku yg masi punya anak kecil. Atau ada saran lain ga ya kak utk tujuan pembuatan visanya? Thks before kak

      • christinberlina says:

        Hummm kalo soal pekerja ilegal dll yah itu sudah di luar kontrol kita sih. Jadi yah menurut saya apa adanya dan jujur saja, tok kalau mmg menurut mreka ok juga pasti diapprove. Lumayan banyak juga kok yg dananya gak banyak, ada saudara, diapprove2 saja. Ada juga yg dananya banyak juga direject. Jadi yah semoga saja diapprove yah

  32. Dorayaki says:

    Kl yg dpt visa ya bs blg gampang, yg ditolak ya susyah.

    Sy, suami dan 2 balita br aj dpt visa amrik. Sy & suami apply terpisah dgn anak. Sy ambil resiko ini kl sampai ditolak kan sayang uang nya.

    Sy pilih jadwal sblm liburan tahun baru, tdk ramai. Jem 9 sdh selesai smua. Saat apply utk 2 anak hrs nya bs apply tanpa interview cm krn ada salah isi form mau ga mau dtg lg. Tp its okay. Kali ini dtg ke dubes stlah tahun baru lbh sepiiii lg. Dpt antrian msh nomor belasan.

    Saat interview pertama, sy tetap cantumkan nama anak di form utk tujuan holiday. Jd pada saat ditanya soal anak ya sy jawab akn ajukan mereka dgn sistem dropbox.

    Lalu point penting menurut sy sdh pasti sponsor. Justru data ttg sponsor ini yg lbh byk ditanya drpd suami sy heheh.. Siapa sponsor kami berdua? Apa usahanya? Berapa karyawan? Sdh berapa lama perusahaan berdiri? Apakan sponsor kami pernah k US? Kpn trakhir dia pergi?

    Point lain yaitu dimana kami akn tinggal jg ditanyakan saat kedua interview berlangsung. Sy cantumkan nama & alamat saudara jauh yg sudah jadi citizen. Awalnya mo sy lampirkan alamat teman, cm hub sdr kan lbh ‘kuat’.

    Interview pertama tidak ada 1 pun dokumen yg diminta utk sy tunjukkan ke staff. Smua cm ty jwb. Wah kl sy blg nie yg pinter boong bs ngarang indah heheh.. Soalnya ga yakin jg mereka cek lgsg ke saudara yg bahkan blm pernah sy temuin itu.

    Interview ke-2 sy hy tunjukkan akte lahir anak + passport sy & suami sy sdh ada visanya. Untung sy bw 2 passport skaligus krn kl dijelaskan oleh operator & web kan hy perlu 1 passport salah satu ortu.

    Interview ke-2 tetep aj tuh ada rasa deg2an. Menurut sy sie 99% anak2 sy pasti dpt visa, tp 1% di tgn mereka. Thanks God smua dpt n dilancarkan prosesnya dr saat antri hg slesai.

    Fyi, di passport sy dan suami cm ada @2 stempel singapore :D.

    • christinberlina says:

      Email ke kedubes nya aja dulu dan di poin kesalahannya apa. Biasanya 2×24 jam di reply. Saran saya tolong tulis nama dan email lengkap kamu, kalo nggak ntr kelamaan karena mreka pasti email nanyain kamu siapa.

  33. Nova Millliany says:

    Hallo sis thank you banget buat blog nya. It really helped ☺ Mau tanya nih kira2 masa berlaku paspor kita menentukan jangka lama visa yg akan diberikan ke kita ngga ya? Jd ceritanya paspor ku akan habis awal feb 2018 dan bln juni nanti hopefully klo visa usa keluar aku mau kesana liburan sama temen2. Berarti terhitung dr June sampai Feb hanya 9 bln waktu yg tersisa. Apakah dgn nanti paspor ku habis masa berlaku nya maka visa ku jg akan habis masa berlakunya atau mereka hanya akan memberikan visa sesuai dengan expiry date of my passport? Many thanks !!

  34. hanajeanputrisaragih says:

    Hy mbak.. saya hana, seorang mahasiswi.. saya berencana ke us bulan 8 dan di biayai oleh pacar saya n orangtua dia semuanya..soalnya orang tua dia pengen jumpa sama saya,,saya juga akan stay disana slama sbulan.. krna ada libur kuliah untuk bulan itu. Istilahnya skalian liburanlah.. saya juga hanya punya sdikit duit di rekening 😦 tapi pacar saya bilang pakek bukti rekening mama dia aja krnakan mereka yang bakan membiayai saya.. pacar saya kuliah sambil kerja juga disana..dan saya akan wawancara bulan ini krna smpatnya ke jakrta bulan ini n lagian libur kuliah.. saya khwatir krna mmbaca beberapa artikel ada yg buat smngat n ada yg enggak.. huuffff mnurut mbak gimana yah?? Saya bingung nih.. kasi masukan donk mbak..

    • christinberlina says:

      Kalo kamu yakin dengan apply with kemampuan sendiri jebol ya ga usah pake bantuan keluarganya. Kalo memang kamu kurang confident juga ya kamu bisa pakai opsi k2. Tapi again, hanya kedubes yg bisa menentukan profil kamu eligible buat diapprove/ga. Dicoba yg menurut kamu paling sesuai.

  35. Felicia says:

    Mbak Christin, makasih bgt penjelasannya di atas. Mbak, saya mau apply visa ke US bersama orang tua saya karena adik saya akan wisuda d sana awal bulan Mei nanti. Jadi pengen apply visa di bulan Maret ini. Tapi saya banyak baca-baca pengalaman yg lain, visa nya banyak yg ditolak kalo alasannya mengunjungi keluarga di US gtu.. nah nanya dong. 1.) bagusnya nanti pas wawancara, kami bilangnya mau ke US untuk liburan aja atau untuk mengunjungi adik/ke wisuda adik? Soalnya surat invitation graduation ceremonynya baru akan keluar bulan April gtu, takutnya terlalu mepet kalo bikin visanya setelah surat itu ada. Trs, 2.) Kalau misalnya ditolak, boleh langsung apply lg atau harus nunggu beberapa bulan gtu?
    Mohon bantuan pencerahannya ya mbak.. Terima kasih mbak

    • christinberlina says:

      Intinya kalo saya sih milih jujur mba feli, soalnya emang bener2 keluarga inti di sana. Dan lagian banyak yg ditolak visanya skg. Soalnya visa amrik ga bisa diprediksi. Kalo mmg demi wisuda adik ya siapin dokumen berikut. Tapi kalo takut dan maunya apply liburan yah silahkan. Semua ada plus minus, so u gotta decide which one u would.

      • Felicia says:

        iyaa udah apply dan interview bulan lalu trs diapprove *yay* ga ditanyain macem2 sih, asal jujur dan sesuai sama yg diisiin di aplikasi. cuma ditanya, ke US mau apa, udah pernah ke sana belom, skrg kerja dimana, sebagai apa.. udah. cuma 5 menit wawancara bareng ber3 sama papa mama aku jg sekaligus, lgsg diapprove. bulan depan berangkat. thank you yaa blog ini membantu sekaliii 🙂

  36. Natalia Lim says:

    Hai sis.. saya mau tanya nih. Saya ada rencana ke amrik. Cuma bingung sm visanya. Menurut sis mending urus sendiri atau pake tour travel.. dan syarat nya gimana?
    Dan apa bener kl mau ajukan visa harus ada tabungan mengendap min 50 juta?
    Dan saat wawancara apa aja yg di pertanyakan?

    • christinberlina says:

      Sama saja sih pake tour or sendiri. Setau saya trgantung brapa lama kamu pergi. Kamu hitung aja tiket pesawat, penginapan, biaya sehari2. Ditotalin. Itulah akumulasinya kurang lebih berapa.

  37. Nining says:

    Salam kenal mba, rencananya sy dan 2 anak perempuan sy berausia 19 thn dan 17 thn, akan mengajukan visa usa bln depan, untuk liburan, sy pensiunan bank pemerintah, dan mmg tdk py usaha , ttp sy py tab yg mendukung, sy sdh bercerai slma 12 thn tetapi ex suami sy telah meninggal dunia 1 bln yg llu, yg mau sy tanyakan, apa yg hrs d lampirkan sbgai pendamping status sy, akte cerai atau surat kematian? terima kasih ya mba ,

    • christinberlina says:

      Menurut saya dibawa dua dua nya saja. Sepertinya mreka tidak akan mempertanyakan itu. So just say my last status after marriage is
      Divorce but unfortunately my ex passed away. Seharusnya bukan jd masalah. Bila ada tabungan mendukung harusnya ga masalah, or bila ada surat pendukung pensiun mungkin ok kali ya. Ckup dibawa kalo diminta baru kasih liat. Intinya pas itv tuh semua dibawa, ada yg dia liat ada yg nggak, suka2 interviewernya bu nining.

  38. Windhi says:

    Halo mau tanya dong kalau sudah dapat visa, itu ada expired na gak? Berapa lama masa aktif na. Trus ada jumlah uang tertentu yang harus kita pny dtabungan kita gak? Kalau ada, brp jumlah nya? Thanks

  39. Katz says:

    Hello, mau nanya nihh.. kalo gak pernah keluar negeri trus ngurus visa amerika gitu kira-kira di terima gak ya? Apa harus kebeberapa negara diluar indonesia dulu ya? Trus harus ada tiket pp juga ya? Kan kalo misal udh beli tiket tapi gak diapprove visanya bisa mubazir tiketnya (tiket ke amrik kan gak murah euy) hehe.. terima kasih 🙂

    • christinberlina says:

      setau saya emang ga usa beli tiket amrik dlu. Krn menurut saya mreka ga bakalan approve in hanya karena dirimu sudah beli tiket. Karena national security matters more than us, terutama we are other countries nationalities not their citizen. So ya psti mreka masa bodoh. Banyak yg bilang harus keluar negeri dulu, soalnya mungkin itu membuktikan kalo kita emang sering jalan2 dan ga berkendala. Dna mungkin salah satu alasannya juga karena “new passport” menandakan banyak hal seperti identitas bau or etc, itu menurut pendapat saya. Kalo memang kekeh ya apply saja, karena kalo di approved yah ini juga menandakan pasport pernah dipakai sebelumnya or not ga menentukan. Trims

    • Agus Santoso says:

      Salam kenal, sekedar informasi aja,utk mengajukan visa amerika tidak perlu membeli tiket terlebih dahulu. Karena pihak kedutaan amerikapun tidak menyarankan/mensyaratkan kita harus punya tiket terlebih dahulu. Sekedar informasi lagi, bagi backpacker yg sudah punya visa mau jalan2 sambil kerja, saya bisa bantu. Silakan hubungi saya, posisi saya di Atlanta, GA. Thanks

  40. bonnie says:

    3. AKTE LAHIR, KARTU KELUARGA
    5. IJAZAH TERAKHIR (SIAPKAN DATA TAHUN MASUK&LULUS SMP/SMA)

    dua item diatas itu juga perlu dibawa yang asli? saya baca syarat di webnya, tidak ada.. mohon petunjuk sis.

    • christinberlina says:

      Dulu pas di loket saya ditanyain, padahal saya sudah bekerja. Terserah bonnie mau bawa or ga. Soalnya kalo lagi itv dimintain dokumen2 tp ga bisa support, setau gue lo disuruh pulang lagi lain x interviewnya. Jadi again kalo memang berasa ga penting ya ga usah. Trims

  41. Jojo says:

    Hi berlina, saya rencana mo apply visa us utk short holiday.status saya skrg karyawan swasta dan masi single. Untuk secara dokumentasi kayanya ga ada masalah dan kendala utk dilengkapi. Apakah sy perlu infoin bahwasannya sy pny sodara di sana atau better blg sy bener2 pure holiday ala backpacker gt?

    • christinberlina says:

      Halo jojo untuk kondisi amrik skg saya juga tidak tahu apakah ngaku ada saudara akan membantu. Intinya kalo saudara sudah mapan, kerjaan menetap, bagus, atau ada acara/undangan meritan, sepertinya itu kan support. Tapi kalo saudara hanya sekolah, tidak ada pemasukan yg di atas rata2, mreka akan takut kamu bisa menjadi seperti dia hanya utk pindah ke sana. Trims

  42. berey says:

    halo mbak saya mau konsultan nih hehehhe gini loh mbak dulu mama papa dan kakak saya gelap di amerika nah sekarang udah punya green card rumor sih di berita katanya kalo keluarga gelap di usa kalo mau ngeplay visa ke amerika bakalan 100% di tolak nah sekarang sudah beda lagi situasinya menurut pendapat mbak gimana jika saya mau apply visa ke amerika apakah di setuju apa tidak yah mbak

    terima kasih

  43. Herry says:

    Sis, mau tnya pengisian form aplikasi saya diminta U.S concact yaitu contact yang ada di U.S.
    saya isi apa yah ? padahal rencana saya untuk jalan2 . thanks

  44. fira says:

    hallo kak mau tanya, skrg aku kuliah di malaysia, dan rencana pulang bulan juni ini, aku libur semesteran hanya 3 bulan, dan harus kembali lagi ke malaysia akhir agustus, rencana mau berangkat ke US tanggal 10 januari, belum berani beli ticket pesata karna visa belum jelas. Rencana pergi berdua sama ibuku, apakah sebaiknya aku apply di indo apa di KL ya? stay aku harms apply di malay dan wawancara di indo? apa boleh akut mengatur jadwal wawancaranya?

  45. Herry says:

    Sis mau tanya boleh masih awam soalnya.
    Kalau sy mau buat visa untuk sy sndri dn papa sy. Isi form aplikasinya 2x atau gmn yah?
    Thanks

    • christinberlina says:

      Apply visa form nya sendiri2, logikanya ya ga mungkin isinya berdua sama kan dalam satu appikasi? Yg bisa daftar bareng itu jadwal interview. Mending ke travel agency saja utk bantu isiin drpd ntr kurang tepat. Trims

  46. kiku says:

    halo mbak boleh saya bertanya saya mau ngajukan visa amerika dulu keluarga saya gelap dan sampai sekarang sudah punya green card apa bisa kalo saya apply bisa di approved mohon infonya mbak terima kasih

    • christinberlina says:

      Halo kiku, saya tidak bisa menjawab pertanyaan kamu maaf ya. Karena ini uda soal security matters, dan aku gatau how much us govt knows about ur family previous situation and whether or not it will affect u.

  47. Florensia says:

    Sist sy mau tanya nih, awal mei lalu sy urus visa bersama rombongan utk mengikuti kegiatan di NY USA, syukur visanya keluar 3 bulan, tapi pas jadwalnya mo berangkat sy tdk bisa ikut krn ada pekerjaan mendadak yang tdk bisa di tinggalkan . Nah pertanyaan saya 1. Apakah sebelum habis masa berlaku visa saya boleh ke NY tidak mengikuti kegiatan tsb krn kegiatannya sdh selesai dan rombongan sdh pulang, rencananya sy mau tour saja mengingat sayang kalau visanya tdk digunakan. Tapi saya takut kalau di imigrasi nanti ketahuan kalau visanya bkn utk tour, gimana ya? 2. Kalau visanya tdk saya gunakan sampai habis masa berlaku, apakah ketika saya mau urus visa kembali akan menjadi masalah krn sudah pernah keluar visa tapi tdk digunakan,?…. mohon infonya terimakasih

    • christinberlina says:

      Menurut aku yah kalo kamu mau aman sih tanyain saja ke pihak kedubes amrik. However kalo logic saya, they gave u three months visa krn expect ur tentative schedule, i think it is acceptable as long as u can present ur arguments di immigration. But again it is safer kalo emang lu mau leave note via email to us embassy.

  48. Harry Salim says:

    Visa Amerika kadang bisa dikatakan susah kadang juga bisa di bilang mudah, bila saya pikir semua tergantung 2 faktor yakni
    1. Faktor Psikologi pemohon
    2. Faktor Dokumen pemohon
    Bila kedua Faktor ini bisa di handel dengan baik, saya pikir secara pribadi dan pengalaman, Visa bisa approve 100% tanpa masalah

  49. Gitzie says:

    Dear Christin,

    Saya ada plan mau ke US untuk holiday around 14-20 hari, nantinya disana akan holiday dengan BF saya n dia citizen US, permasalahannya saya baru saja selesai kerja, which mean unemployment statusnya.
    Kira2 apakah bisa saya apply dgn status unemployment spti itu?
    And klo bisa, Menurut kamu baiknya saya apply dengan menyertakan invitation letter, data2 dari BF saya atau dengan rekening koran n data2 saya. Tp yg saya bingung bagaimana ya untuk ngeyakinin kalau saya pasti balik ke indonesia.

    Oiya, di form DS-1 ada isian status pekerjaan atau tidak?

    Mohon masukannya..

    Thank u

    • christinberlina says:

      Menurut saya sih honesty udah paling bagus, cuman karena unemployed jadi takut dipertimbangkan. Yang pasti employed is preferable, dan untuk case berikut saya sih saranin kamu langsung nanyain ke kedubes, karena setau saya US punya visa khusus untuk spouse, but coba nanyain saja. In case kamu bisa apply lewat jalur yg berbeda.

  50. Inna says:

    Hi sis,

    Aku mau interview nih oct ini, tp pasporku visanya asia semua yg voa 😂
    Yg bikin aku pede cm aku udah nikah, single traveling jd anak sama suami gak ikut krn schedulenya gak memungkinkan, dan ada surat keterangan kerja yg udah lumayan 6thn. Tp ttp deg2an jg. Any suggestion ??

  51. Evie says:

    Hi christin… Mau tanya nih.. Sy sdh apply US visa feb 2017 kemaren. Tp di tolak… Nah rencana sy oengen ajuin lg… Waktu itu alasan sy visit adek yg lagi kuliah… Eh ditolak…

    Memang waktu pertama ditanya mau ngapain ke US sy bilang holiday.. Sy lupa ga sebut holiday and visit my sister… Apa karena itu ya sy di tolak? Jadi mungkin dikira sy bohong ato plin plan… Pdahal emang sy lupa saking gugup nya… Hihi..
    Nah kl sy ajuin lagi bagus nya alasan yg sama ato msu travelling aja ya? Mohon sstan nya trims..

    • christinberlina says:

      kalau menurut saya sih sesuai dengan rencana kamu saja which is travelling, soalnya diterima atau tidak memang tergantung kedubes nya sih juga tidak ada alasan yg saya tau pasti. jadi coba saja blg holiday, kalau mmg visit saudara blg ada saudara. kalau mmg tidak ktemu saudara ya tidak perlu disebutkan. yah transparan saja sih menurut saya gpp.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s